Isnin, 10 Mei 2010

RANGKAIAN DIGITAL

Bit = satuan paling dasar dalam jaringan "organ" komputer, atau bagian dalam komputer. Pada dasarnya bilangan bit merupakan perwakilan aliran listrik, yakni hanya ada 2 saja yaitu 1 dan 0, yang bisa disebut 1 = ada listrik dan 0 = tidak ada listrik.

Byte = nah, ini baru satuan paling dasar komputer. 1 byte terdiri dari 8 bit. Oleh karena itu 1 byte bisa mewakili angka sampai 255, (kalau dijelaskan panjang, karena hubungan ama matematika, singkatnya bilangan 15 desimal = 1111 dalam bilangan bit). byte bisa juga mewakili 1 karakter komputer.

KiloByte = Kilo artinya 1000, dan byte adalah satuannya, maka bisa diartikan 1 Kb = 1000 byte. tetapi yang sebenarnya bukan itu. yang diambil adalah "pendekatan" dari angka 1000, yaitu 1024 byte. Mengapa 1024 byte = 1 kb ? karena dalam komputer peningkatan angkanya adalah 2pangkat n (2^n). Misal, 2,4,8,16,32,64,128,256,512,1024,dst....

MegaByte = mega byte juga seperti kilo byte, karena 1000 kilo = 1 mega maka 1mb = 1000 kb, atau lebih tepatnya 1024 kb.

GigaByte = secara konsep sama seperti diatas, 1 Gb = 1024 Mb.

TeraByte = sama juga, 1 Tb = 1024 Gb.

Bonus... PetaByte = sama juga, 1 Pb = 1024 Tb (angka ini masih belum bisa ditembus hardisk jaman sekarang)
Merupakan singkatan dari binary digit. Satuan terkecil dalam hitungan biner. Satu bit menunjukkan kuantitas dasar yang mewakili nilai 1 atau 0 ( atau on / off dsb).

Di dalam database diartikan sebagai identitas spesifik dari sebuah objek. Misal objeknya mobil, field warnanya biru, field bahan bakar solar, dst.

Data Jenis:
Ketika database dirancang, semua field ditetapkan untuk menerima tipe data tertentu. Ini membantu memeriksa salah jenis data yang masuk dan memastikan data disimpan seefisien mungkin. Ini juga berarti akan diurutkan dengan benar.
Alfanumerik / text field - medan tipe data ini akan menerima baik nomor dan teks.
Kapan menggunakan - jika Anda ingin memasukkan teks atau campuran teks dan angka.
Ketika NOT untuk menggunakan - jika Anda ingin menyimpan hanya angka atau hanya tanggal. Anda dapat memasukkan angka atau tanggal ke text field tetapi mereka akan diurutkan seolah-olah mereka adalah kata-kata dan tidak bisa dengan mudah digunakan untuk perhitungan apapun.
Numeric fields - ladang tipe data ini digunakan untuk menyimpan nomor. Nomor Bidang yang digunakan untuk menyimpan nomor karena:
data akan diurutkan dengan benar (yaitu 2,3,20,30 data numerik akan diurutkan sebagai 2,20,3,30 apakah itu disimpan dalam kolom teks)
validasi berbagai aturan seperti pemeriksaan dapat digunakan (misalnya cek jangkauan seperti ANTARA 10 dan 20)
Ada dua jenis bidang numerik yang perlu Anda ketahui tentang:
Real - digunakan untuk angka desimal, seperti 3.4, 3,1427 dan 6,0 dll Real bilangan dapat diformat sebagai mata uang (yaitu £ 5,67) atau jumlah tetap desimal (yaitu memasuki 3,1427 menjadi bilangan real lapangan diformat untuk dua desimal akan bersungguh-sungguh muncul sebagai 3.14)
Kapan menggunakan - jika lapangan akan digunakan untuk menyimpan angka dengan desimal seperti 'height', 'panjang', dsb
Integer - digunakan untuk seluruh nomor.
Kapan menggunakan - jika bidang ini hanya akan digunakan untuk menyimpan seluruh nomor, yaitu 'jumlah anak-anak', 'pintu-pintu mobil' dll
Logis / Boolean fields - ladang tipe data ini hanya akan membiarkan Anda memasukkan 'Ya' atau 'Tidak'. Ini mungkin sebagai teks (YES / NO atau TRUE / FALSE) atau sebagai tanda centang / kosong.
Kapan menggunakan - ketika Anda hanya perlu menyimpan sesuatu sebagai 'benar' atau 'salah' atau toko apakah sesuatu ada atau tidak ada.
Tanggal bidang - bidang toko jenis ini hari, bulan dan tahun sehingga catatan dapat diurutkan dengan benar dan mudah divalidasi menggunakan cek jangkauan. Tanggal bidang yang dapat menampilkan informasi tanggal dalam format yang berbeda seperti nama lengkap hari / bulan (28 Agustus 1961) atau versi numerik (28/08/61)
Kapan menggunakan - untuk bidang apapun yang akan digunakan untuk menyimpan informasi tanggal.
Contoh-contoh penggunaannya:
Sebuah klub sepak bola menggunakan database untuk menyimpan rincian dari para pemain.
Data seperti Nama Marga dan disimpan dalam bidang teks.
Para pemain mobil Pendaftaran campuran teks dan angka sehingga disimpan dalam kolom teks.
Tinggi dari pemain (dalam meter) adalah sebuah angka desimal sehingga disimpan dalam lapangan bilangan real.
Jumlah gol yang dicetak adalah seluruh angka sehingga disimpan dalam sebuah nomor integer lapangan.
Pemain tanggal lahir (DOB) adalah sebuah tanggal sehingga disimpan dalam lapangan tanggal.
Para pemain nomor telepon memiliki ruang antara kode dan jumlah aktual sehingga disimpan dalam kolom teks.
Informasi seperti apakah pemain berkaki kanan atau kiri disimpan menggunakan logika / Boolean lapangan. Bidang diberi label sebagai 'Kanan footed?' Dan entri baik TICK atau dibiarkan kosong

Tiada ulasan:

Catat Ulasan