Selasa, 11 Mei 2010

WATAK DAN KEPRIBADIAN ORANG JEPANG

Ada empat karakteristik dari bangsa Jepang yang mendorong bangsa ini maju antara lain sebagai berikut :

Pertama, orang Jepang menghargai jasa orang lain. Hal ini dbuktikan dengan ringannya mereka dalam mengatakan arigatoo (terima kasih) ketika mendapat bantuan orang lain dan tidak menggap remeh jerih payah orang lain meskipun bantuan itu tidak seberapa.

Kedua, orang Jepang menghargai hasil pekerjaan orang lain, dilambangkan dengan ucapan otsukaresamadeshita (maaf, Anda telah bersusah payah).

Ketiga, perlunya setiap orang harus berusaha, dilambangkan dengan ucapan ganbatte kudasai (berusahalah!).

Keempat, orang Jepang punya semangat yang tidak pernah luntur, tahan banting, dan tidak mau menyerah oleh keadaan yang terkenal dengan semangat bushido (semangat kesatria). Pada dasarnya, semangat Jepang sangat dipengaruhi oleh semangat bushido yang sangat asketik, berdisiplin tinggi, dan menjunjung tinggi kode etik dan tata krama dalam kehidupan. Selain empat hal di atas, ada dua hal lagi yang sangat lekat dan menjadikan bangsa Jepang yang memiliki karakteristik.

Kelima, Jepang adalah bangsa yang sangat menghargai tradisi dan memegang teguh kebudayaan yang telah diwariskan oleh pendahulunya.

Keenam, kehausan yang tak pernah puas akan pengetahuan. Dalam arti bangsa Jepang tidak akan pernah puas atas ilmu yang telah mereka dapatkan. Mereka berusaha untuk mencari ilmu baru yang belum mereka kuasai.
Dengan beberapa watak dasar inilah yang akhirnya membuat Jepang kembali muncul kepermukaan dan memegang kendali salah satu nahkoda dalam percaturan ekonomi internasional.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan